fbpx
MENGIKIS DOSA DENGAN SEDEKAH

MENGIKIS DOSA DENGAN SEDEKAH

Sebagaimana Air memadamkan Api, sebagaimana kasih sayang Allah yang  meredam kemurakaan-Nya. Begitulah sedekah yang mampu mengikis dosa diibaratkan oleh Nabi kita. Sejalan dengan sabdanya yang lain :

“Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah.” (HR. Imam Baihaqi)

Ingin bahagia di dunia? Yaa, perbanyak sedekah aja.

Tak ada orang yang tidak bisa bersedekah, karena bersedekah bukanlah hanya berbagi harta saja, bukan sekedar berbagi makanan, uang atau materi lainnya. Akan tetapi, tenaga, kreatifitas bahkan hanya sebatas senyum yang kita layangkan kepada sudara muslim kita, itu adalah sedekah :

Rosulullah bersabda :

‎“Senyummu terhadap wajah saudaramu adalah sedekah.” (HR. Tirmidzi 1956, ia berkata: “Hasan ‎gharib”. Dishahihkan oleh Al Albani dalam Shahih At Targhib).‎

Begitulah keindahan agama Islam, begitu banyak cara mudah bagi kita yang mau selamat dari api neraka, dan salah satunya adalah dengan menghapuskan dosa-dosa yang senantiasa mengancam kita dengan mengistiqomahkan sedekah dijalan Allah.

Sedekah tidak perlu banyak dan melimpah, cukup berikan Apa yang kita mampu berikan, kemudian istiqomahkan karena Allah lebih suka Amal yang sedikit namun dilakukan dengan terus menerus.

Rosulullah bersabda :

Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.” (HR. Muslim)

Saudaraku, Ingin sekali rasanya tak  ada sengketa tentang amal buruk kita kelak di yaumul hisab, tak ada dosa pemberat timbangan amal buruk yang kan merenggut kebahagiaan kita kelak di akhirat.

Sungguh sedikit sekali waktu kita di dunia ini, sangat merugi jika kita tak pernah ingin menghapus dosa-dosa kita dengan mendawamkan sedekah dalam keseharian kita, padahal dosa-dosa kecil maupun besar senantiasa kita lakukan dalam setiap tarikan nafas.

Saudaraku, Mari kita istiqomahkan bersedekah, mulai dengan perbanyak senyum kepada saudara, kerabat dan tetangga kita, lalu lanjutkan bersedekah dengan sedikit dari harta yang telah Allah titipkan kepada kita, jadwalkan, rutinkan istiqomahkan, dan senantiasa memohon pertolongan kepada Allah agar dijauhkan dari sifat riya dalam semua Amal baik kita, di dunia. Aamiin

Leave a Reply

Close Menu
Chat Sekarang
Ada yang bisa dibantu?
Assalamualaikum
ada yang bisa dibantu?
Powered by