YAYASAN MUTIARA SURGA

Serahkan Semua kepada Allah, Solusi Terbaik dalam Menghadapi Masalah

Bagikan :

Serahkan Semua kepada Allah – Setiap manusia pasti pernah mengalami masalah dalam hidupnya. Masalah bisa datang dari berbagai sisi, baik dari diri sendiri, keluarga, pekerjaan, lingkungan, maupun masyarakat. Masalah bisa membuat kita merasa stres, sedih, marah, atau putus asa. Namun, sebagai seorang Muslim, kita tidak boleh larut dalam kesulitan dan kegelisahan. Kita harus memiliki sikap optimis dan sabar dalam menghadapi masalah. Kita harus yakin bahwa Allah Maha Mengetahui dan Maha Penyayang. Kita harus serahkan semua kepada Allah, karena Dialah tempat kita berlindung dan meminta pertolongan.

Allah Ta’ala berfirman:

وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِیۡ عَنِّیۡ فَاِنِّیۡ قَرِیۡبٌ ؕ اُجِیۡبُ دَعۡوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِ ؕ فَلْیَسْتَجِیۡبُوۡا لِیۡ وَلْیُؤْمِنُوۡا بِیۡ لَعَلَّهُمْ یَرْشُدُوۡنَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS: al-Baqarah [2]: 186).

Ayat ini menunjukkan bahwa Allah selalu mendengar dan mengabulkan doa hamba-Nya yang ikhlas dan tulus. Allah tidak pernah meninggalkan atau mengabaikan hamba-Nya yang memohon kepada-Nya. Allah selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya sesuai dengan hikmah dan kebijaksanaan-Nya. Oleh karena itu, kita harus senantiasa berdoa kepada Allah dengan penuh harap dan rasa syukur. Kita harus memohon kepada Allah segala yang kita butuhkan dan inginkan, baik yang bersifat dunia maupun akhirat. Kita harus meminta Allah untuk memberikan kita kemudahan, kesabaran, kekuatan, keberkahan, hidayah, maaf, rahmat, dan ridha-Nya.

Selain berdoa, kita juga harus berusaha dan berikhtiar untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi. Kita tidak boleh pasrah atau menyerah tanpa melakukan usaha apapun. Kita harus yakin bahwa Allah tidak akan memberikan cobaan yang melebihi kemampuan kita. Allah Ta’ala berfirman:

لَا یُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهٗ

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (QS: al-Baqarah [2]: 286).

Ayat ini menunjukkan bahwa Allah Maha Adil dan Maha Bijaksana. Allah tidak akan memberikan beban yang tidak mampu kita pikul atau tanggung. Allah akan memberikan kita kemampuan untuk menghadapi setiap cobaan yang datang. Oleh karena itu, kita harus berusaha sekuat tenaga untuk mengatasi masalah yang kita hadapi dengan cara yang halal dan baik. Kita harus mencari solusi yang sesuai dengan syariat Islam dan tidak bertentangan dengan ajaran Allah dan Rasul-Nya.

Selain itu, kita juga harus bersabar dan ridha dengan ketentuan Allah. Kita harus yakin bahwa di balik setiap masalah ada hikmah dan kebaikan yang tersembunyi. Kita harus percaya bahwa Allah akan memberikan ganjaran yang besar bagi orang-orang yang bersabar. Allah Ta’ala berfirman:

اِنَّمَا یُوَفَّى الصّٰبِرُوۡنَ اَجْرَهُمْ بِغَیۡرِ حِسَابٍ

“Sesungguhnya orang-orang yang bersabar, mereka akan diberi pahala tanpa batas.” (QS: az-Zumar [39]: 10).

Ayat ini menunjukkan bahwa Allah Maha Pemurah dan Maha Pengasih. Allah akan memberikan pahala yang tidak terhingga bagi orang-orang yang bersabar dalam menghadapi cobaan dan ujian. Allah akan menghapus dosa-dosa mereka dan meninggikan derajat mereka di sisi-Nya. Allah akan memberikan mereka kebahagiaan dan kesenangan di dunia dan akhirat.

Dari uraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa serahkan semua kepada Allah adalah solusi terbaik dalam menghadapi masalah. Kita harus berdoa, berusaha, bersabar, dan ridha dengan ketentuan Allah. Kita harus yakin bahwa Allah Maha Mengetahui, Maha Penyayang, Maha Adil, Maha Bijaksana, Maha Pemurah, dan Maha Pengasih. Kita harus selalu mendekatkan diri kepada Allah dengan bertakwa dan beribadah.
Kita harus selalu mengingat dan bersyukur kepada Allah atas segala nikmat dan karunia-Nya. Kita harus selalu memohon perlindungan dan pertolongan Allah dari segala keburukan dan kesulitan. Dengan begitu, kita akan mendapatkan ketenangan, kekuatan, keberkahan, dan kebahagiaan dalam hidup kita.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang menghadapi masalah. Semoga Allah memberikan kita kemudahan, kesabaran, kekuatan, keberkahan, hidayah, maaf, rahmat, dan ridha-Nya. Aamiin.

www.mutiarasurga.org