Alloh Memberi Ganti bagi Orang yang Sedekah - YAYASAN MUTIARA SURGA
Alloh Memberi Ganti bagi Orang yang Sedekah

Alloh Memberi Ganti bagi Orang yang Sedekah

Berinfaklah dan bersedekahlah wahai anak Adam, niscaya Alloh akan memberimu ganti. Tidakkah engkau tahu tentang kisah seseorang yang datang kepada Rosululloh dengan membawa seekor unta yang terikat dengan tali kekangnya, kemudian ia berkata,

هَذِهِ فِي سَبِيلِ اللهِ فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَكَ بِهَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَبْعُ مِائَةِ نَاقَةٍ كُلُّهَا مَخْطُومَةٌ

“Ini saya infakkan di jalan Alloh. Maka Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Karenanya, kelak engkau akan mendapatkan ganti di hari kiamat dengan tujuh ratus ekor unta, seluruhnya terikat dengan tali kekangnya.” (HR. Muslim)

Tidakkah engkau tahu bahwa malaikat akan mendoakan ganti bagimu taatkala engkau berinfak atau bersedekah. Rosullulloh shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda;

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُولُ اْلآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

“Tiadalah hari yang dilewati oleh semua hamba kecuali pada pagi harinya ada dua malaikat turun. Kemudian salah satu dari malaikat tersebut berkata, ‘Ya Alloh, berilah ganti kepada orang yang berinfak.’ Sedangkan malaikat yang satunya lagi berucap, ‘Ya Alloh, hilangkanlah harta yang tidak mau berinfak.” (HR. Bukhori)

Janganlah engkau takut meninginfakkan hartamu karena kemiskinan akan menimpamu. Janganlah engkau khawatir mendermakan hartamu karena kefakiran akan menyelimuti kehidupanmu. Sungguh, harta yang engkau infakkan atau harta yang engkau sedekahkan, niscaya tidak akan berkurang.

Rosululloh shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

(( مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ))

“Tidaklah sedekah itu mengurangi harta”. (HR. Muslim)

Tidakkah engkau tahu bahwa Alloh berjanji kepadamu akan mengganti barang apa saja yang engkau infakkan.

“Dan barang apa saja yang kalian nafkahkan, maka Alloh akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’ [34] : 39)

Ibnu Katsir berkata, “Barang apa saja yang kalian infakkan dari apa saja yang Alloh  perintahkan dan perbolehkan kepada kalian, niscaya Alloh akan mengganti di dunia dan di akhirat diberikan pahala yang melimpah. Hal ini sebagaimana hadits shohih bahwa Alloh Subhanahu Wata’ala berfirman, “Wahai anak Adam, berinfaklah, niscaya Alloh akan berinfak kepada engkau.” (HR. Bukhari dan Muslim). Dalam hadits lain disebutkan bahwa terdapat dua malaikat di pagi hari berdoa. Salah satunya berdoa, Ya Alloh, berilah kebinasaan harta kepada orang yang menahan hartanya. Sedangkan malakait yang lain berdoa, “Ya Alloh, berilah ganti kepada orang yang berinfak.” (HR. Bukhori). (Tafsir Ibnu Katsir, juz 6/520)

Ingatlah dan renungkanlah kisah Aisyah . Suatu sore Aisyah berpuasa. Ia hanya memiliki dua buah roti untuk berbuka. Kemudian datanglah seorang pengemis, lalu ia memerintahkan pembantunya untuk memberikan pengemis itu sepotong roti. Kemudian datanglah pengemis lainnya, lalu ia memerintahkan pembantunya untuk memeberikan sepotong roti lagi, akan tetapi pembantu itu enggan. Akhirnya, ia sendiri yang memberikannya. Pada waktu sore harinya, tiba-tiba ada seorang budak utusan keluarga fulan yang membawa kambing bakar yang di atasnya ada roti. (al-Birru wash-shilah, karya Ibnul Jauzi)

Subhanalloh…alangkah menakjubkan bukan?

Leave a Reply

Close Menu
Chat Sekarang
Ada yang bisa dibantu?
Assalamualaikum
ada yang bisa dibantu?