fbpx
Apakah Berpatokan Pada Azan TV atau Azan Dekat Rumah Untuk Waktu Berbuka Puasa ?

Apakah Berpatokan Pada Azan TV atau Azan Dekat Rumah Untuk Waktu Berbuka Puasa ?

Kadang kita bertanya-tanya adzan manakah yang diprioritaskan, adzan dekat rumah atau adzan di TV untuk berbuka puasa?

 

Perlu diketahui bahwa patokan utama untuk berbuka puasa adalah waktu tenggelamnya matahari. Bila matahari telah tenggelam secara sempurna, maka itulah awal waktu untuk berbuka puasa. Biasanya waktu tenggelamnya matahari ini adalah tepat waktu jam shalat magrib yang ada di jadwal-jadwal shalat yang dibuat oleh Ahli Hisab.

 

Adapun berkaitan dengan azan, maka bila azannya tepat dengan waktu tenggelamnya matahari / waktu shalat magrib yang ada di daerah Anda maka silahkan menjadikannya sebagai patokan berbuka puasa, meskipun patokan utama Anda adalah tetap pada jam shalat magrib, sebab azan antara satu masjid dengan masjid lainnya di negeri kita sangat tidak teratur dan berbeda-beda antara satu masjid dengan lainnya = yang menyebabkan azan-azan tersebut tidak bisa dijadikan patokan utama.

 

Namun bila ada satu masjid, baik di TV atau dekat rumah Anda yang waktu azannya selalu bertepatan dengan masuknya shalat magrib atau tenggelamnya matahari secara sempurna, maka jadikanlah ia sebagai patokan untuk waktu berbuka, Wallaahu a’lam.

 

Sumber dari: https://wahdah.or.id

Leave a Reply

Close Menu
Chat Sekarang
Ada yang bisa dibantu?
Assalamualaikum
ada yang bisa dibantu?
Powered by