YAMUSA, GA NYANGKA, DI CURUG NANGKA!!! - YAYASAN MUTIARA SURGA
YAMUSA, GA NYANGKA, DI CURUG NANGKA!!!

YAMUSA, GA NYANGKA, DI CURUG NANGKA!!!

Jum’at, 18 Agustus 2017.

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh,

Puji dan syukur hanya kepada dzat yang maha ghafur, shalawat salam senantiasa tercurahkan kepa nabi Muhammad SAW, kepada keluargnya, shabatnya dan kepada kita  Aamiin.

Seperti biasa, admin tidak mau ketinggalan menyapa shabat semua, Bagaimna kabarnya semua? semoga sahabat semua senantiasa ada dalam lindungan Allah Subhanahu wata’ala. Aamiin.

Kali ini admin ingin berbagi pengalaman lagi ni, insyaAllah jika dibaca sampai akhir akan nada faidah dan pelajaran yang bisa diambil. Kali ini admin akan berbagi pengalaman bersama teman-teman Tim Yamusa saat di Curug nangka, wiih curug nangka! Pada ngapain teman-teman Tim Yamusa ke Curug Nangka?

Ya ngapain lagi kalo bukan main, sebenarna kita ga ada rencana main kesana, Cuma admin sendiri ga tau kok bisa tim yamusa main ke Curug nangka, sebelum admin lanjut ceritanya admin mau tanya sahabat yamusa sudah pernah ke Curug Nangka belum, jangan bilang belum pernah ya, atau malah  belum tau curug nangka?

Ya,,udah admin jelasin dikit aja ya…!

Curug Nangka atau ada juga yang menyebutnya dengan nama Curug Cinangka adalah salah satu dari sekian banyak curug yang ada di Bogor. Beberapa ada yang mudah di akses namun tidak sedikit juga yang butuh perjuangan ekstra untuk bisa mencapainya. Salah satu curug di Bogor yang butuh perjuangan ekstra dengan medan yang tidak bisa di bilang ringan untuk di tempuh adalah curug nangka.

Curug nangka berlokasi di Kecamatan Tamansari, Ds Warung Loa Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Cara Menuju Curug nangka

Jika menggunakan kendaraan umum atau angkot, Sobat naiklah angkot dari Bogor Trade Mall (BTM) dengan jurusan  Ramayana – Ciapus. Jaraknya sekitar 25 KM dengan perkiraan waktu perjalanan sekitar 45 menit. Setelah itu sobat berhentilah di pertigaan dekat pintu masuk ke Curug nangka.

Dari pertigaan ambil jalan ke kiri menuju ke pintu masuk. Jaraknya lumayan jauh dari pertigaan menuju ke pintu masuk, sekitar 1 Km. Jika sobat tidak ingin capek berjalan kaki Anda bisa menyewa ojek yang ada di pangkalan dekat pertigaan tadi.

Dari pintu masuk ini kita  masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki lagi sejauh kurang lebih 1,5 Km.

Jika sobat datang dari pusat Kota Bogor dan menggunakan kendaraan pribadi, sobat mungkin bisa sampai dengan lebih cepat. Dengan menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Bogor hanya memakan waktu 30 menit saja.

Namun walaupun menggunakan kendaraan pribadi, sobat  hanya bisa sampai di pintu gerbang saja karena untuk bisa sampai di lokasi Curug nangka memang harus di tempuh dengan berjalan kaki.

Perjalanan Menuju Curug nangka

Setelah sobat sampai di pintu masuk, perjalanan masih harus di lanjutkan. Trek yang harus dilalui untuk bisa sampai di lokasi terbilang cukup menguras tenaga. Dan ini adalah bagian yang cukup seru.

Di sepanjang perjalanan menuju curug yang berjarak kurang lebih 1-2 Km dari pintu masuk ini sobat  akan cukup terhibur dengan pemandangan alam sekitar yang Ada. Sesekali sobat akan melihat monyet-monyet melintas dari atas pohon.

Karena udara Bogor yang cukup dingin, mungkin perjalanan menjadi tidak begitu melelahkan. sobat hanya perlu berhati-hati di sepanjang perjalanan terutama saat melewati daerah yang mendaki dan dekat dengan tebing.

Curug Nangka berada pada ketinggian 750 mdpl, daerah yang cukup tinggi dengan suhu yang lumayan dingin. Pada siang hari suhu bisa mencapai 22 derajat dan menjadi lebih dingin lagi pada malam hari.

Aliran air pada curug ini berasal dari kaki Gunung Salak. Uniknya, air yang jatuh terbagi menjadi tiga bagian. Masing-masing bagian memiliki ketinggian mencapai 20 meter.

Harga Tiket Masuk Curug nangka

Harga tiket masuk ke tempat wisata di Bogor yang satu ini terbilang cukup murah. sobat hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp. 4000/orang. Jika sobat membawa kendaraan pribadi, maka sobat harus membayar biaya tambahan (biaya parkir) sebesar Rp. 2000/kendaraan.

Dengan harga tiket yang terbilang sangat murah itu sobat akan mendapatkan pengalaman yang jauh lebih bernilai. sobat bisa menikmati indahnya salah satu curug yang paling terkenal di Bogor.

Fasilitas Di Curug Nangka

Tempat wisata Curug Nangka ini dikelola oleh pemerintah Bogor, oleh karena itu sobat tidak perlu khawatirkan masalah fasilitas. Bisa di bilang cukup lengkap untuk ukuran wisata curug.

Disini sudah ada berbagai fasilitas yang bisa sobat gunakan seperti pondok, gardu pandang, toilet, ruang informasi, dan beberapa tempat makan. Untuk masalah keamanan di tempat ini juga sudah terdapat pos penjagaan. (sumber: http://wisatalova.com/curug-nangka-bogor/)

Gimna udah tau ya gambaran curug nangka gimna, kalo pengen lebih jelas main aja kesan ya..

Dari sumber di atas ada beberapa hal yang admin mau kasi tau, salah satunya maslah tiket masuk dll. Nah seingat admin pas kita masuk gerbang pertama itu kita bayar 7500/orang berikutnya kita bayar lagi 10.000/orang ditambah jasa perkir tapi lupa kalo jasa parker bayarnya berapa. mungkin yang buat artikel yang admin kutip sebagai sumber, bayarnya emang masih segitu, cuman kan udah lama ya wajarlah kalo naik.

Ok kita lanjut, sampai mana ya tadi? Kalo lupa coba scol lagi keatas deh, tapi admin masih ingat ceritanya sampai kenapa tim Yamusa bisa ngedadak main ke Curug Nangka? Dari pada bingung mending cerita  pengalamannya di sana, pengalamanya sih biasa-biasa aja pemandangan, foto-foto, liat kera langsung dari dekat, mandi, ya gitu lah. noh liat tim yamusa lagi pada mandi.

IMG_5838 IMG_58379

Tapi yang sebenarnya pengalaman yang admin mau bagi ni pas kita mau pulang, pas kita perjalanan pulang kita bertemu sama nenek-nenek, umurnya sekitar 60 tahun lebih, beliau biasa berjualan disana, beliau berjualan nasi uduk dan gorengan. Sebenarnya admin pas pertama sampai di lokasi udah liat sinenek hanya saja lagi buru-buru pengen cepat sampai ke curug jadi admin fikir nanti saja pas pulang mau nyamperin. Dan Alhamdulillah ternyata sinenek belum pulang jadi admin punya kesempatan buat ngobrol-ngobrol sambil.

10

Dan subhanallah ternyata butuh waktu 2 jam buat si nenek hingga bisa sampai di curug nangka, dan itu berjalan kaki bukan naik mobil atau motor “ya mau gimna lagi nenek ga ada yang cari nafkah, meskipun jauh, namnaya juga ikhtiyar masalah hasil kita serahkan sma Allah. Subhanallah benar2 nenek yang penuh semangat dan tawakalnya kepada Allah begitu menginspirasi .

videonya bisa sobat saksikan di chanel Youtube kita di YAMUSA & MPJ Chanel atu klik aja ni linknya: https://youtu.be/pc9RdeKvPNs 

Nah jadi pelajaran apa yang bisa kita ambil nih? Kalo peajaran yang admin bisa ambil  siii “kita jangan mudah menyerah, terus berusaha, semangat berjuang dan bekerja, masa kita kalah sama seorang nenek yang umurnya 60 tahun??

ada yang lucu saat kita beli dagangan si nenek, orang-orang menawar supaya murah, tapi ketua yamusa nawar bayar uangnya lebih, dan sinenek kekeh juga ga mau kelebihan uangnya. benar-benar prinsip disaat semua orang ingin merauk keuntungan sebesar-besarnya si nenek tidak bisa terima jika jual belinya ga seimbang. MasyaAllah 

Tapi sangat disayangkan di zaman sekarang ini banyak orang-orang bermudah-mudah minta-minta, ini bukan sekedar omongan saja, admin menyaksikannya sendiri banyak bapak-bapak yang datang kekantor YAMUSA untuk meminta bantuan, bukan kita ga mau bantu, tapi mereka sangat bermudah-mudah dalam meminta-minta,  Alhamdulillah kita bisa bantu meskipun hanya paket beras, yang bikin admin ga habis fikir, mereka itu masih kuat-kuat fisiknya jauh sama sinenek penjual gorengan, mak Milah, Si kakek Penambal Panci, mereka semua punya prinsip hidup, mereka lebih baik bekerja apa saja dari pada minta-minta, tapi mereka tidak menolak rezeki ketika diberi. Tapi mereka yang masih muda-muda, fisiknya kuat-kuat, masih mampu bekerja, begitu mudah meminta-minta, meskipun mereka memang membutuhkan, tapi setidaknya berkaca sama mereka yang tua-tua tapi berjuwa besar.

8Padahal Rasulullah SAW. Telah memperingatkan dalam sabdanya yang yang mulia:

“Tidaklah diantara kalian yang terus meminta-minta, kecuali kelak pada hari kiamat akan menemui Allah sementara di wajahnya taka da sepotong dagingpun (HR. Muslim). Coba ngeri banget kan????

Oh iya pesan buat sahabat-sahabat yamusa yang main ke curug nangka jangan sampai lupa ya buat membeli dagangan si nenek, awas pokonya kalo ga beli.

Semoga kita senantiasa Allah berikan hidayah aamiin…!

 

Leave a Reply

Close Menu
Chat Sekarang
Ada yang bisa dibantu?
Assalamualaikum
ada yang bisa dibantu?