fbpx
Hikmah Ramadhan untuk Perbaikan Diri

Hikmah Ramadhan untuk Perbaikan Diri

Puasa Ramadhan banyak dijadikan momen baik untuk memperbaiki banyak hal. Mulai dari memperbaiki gaya hidup yang lebih sehat, meningkatkan kualitas ibadah, hingga menjadi momentum bagi kita untuk mengoreksi dan memperbaiki diri. Ya, hikmah Ramadhan mengajarkan kita pada banyak hal, terutama dalam hal perbaikan diri. Berikut hal-hal yang bisa kita ambil dari hikmah Ramadhan.

  1. Mengajarkan sikap lemah lembut

Salah satu hikmah Ramadhan untuk perbaikan diri, yaitu mengajarkan kita sikap lemah lembut dan tidak lekas marah. Sikap lemah lembut ini juga menjadi salah satu akhlak baik yang dilakukan oleh para nabi. Sebuah perilaku dari orang terhormat dan mulia.

  1. Bersabar

Hikmah puasa Ramadhan juga mengajarkan kita untuk bersabar. Sabar dalam bulan Ramadhan dibagi dalam tiga hal, yaitu sabar dalam melakukan ketaatan kepada Allah, sabar dalam meninggalkan yang haram, dan sabar dalam menghadapi takdir yang terasa menyakitkan. Dalam sebuah Hadis Riwayat Muslim, dijelaskan bahwa setiap amalan di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan sepuluh kebaikan hingga tujuh ratus kebaikan. Dalam QS. Az Zumar: 10, dijelaskan yang artinya: “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.”

  1. Mencintai orang miskin

Bukti dari hikmah Ramadhan yang satu ini sudah sangat jelas kita rasakan. Yaitu dengan menjalankan puasa, yang artinya kita menahan rasa lapar dan haus. Hal inilah yang dirasakan banyak orang yang kurang beruntung di luar sana. Bulan Ramadhan mengajarkan kita untuk bisa merasakan derita yang dirasakan oleh orang miskin. Dalam Hadis Riwayat Muslim juga dijelaskan bahwa mencintai orang miskin dan dekat dengan mereka akan memudahkan hisab seorang muslim pada hari kiamat.

  1. Memperbanyak doa

Panjatkanlah doa sebanyak mungkin di bulan Ramadhan. Karena Ramadhan juga disebut sebagai bulan doa yang artinya di bulan suci ini, doa begitu diperkenankan. Dalam sebuah hadis juga dijelaskan bahwa Ramadhan adalah waktu terkabulnya doa dan bulan penuh pengampunan dosa.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa begitu pentingnya kita memiliki hati yang bersih. Karena dari hati yang bersihlah muncul segalam macam perbuatan baik.

Sumber : https://www.ramadhanberbagi.com

Leave a Reply

Close Menu
Chat Sekarang
Ada yang bisa dibantu?
Assalamualaikum
ada yang bisa dibantu?
Powered by